Inovasi teknologi untuk pendidikan salah satu area teknologi digital dapat
memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat adalah di sektor pendidikan. Masih banyak komunitas di
Indonesia yang mayoritas orang tua tidak mampu membantu anaknya belajar.
Penyebabnya bisa karena mereka berpendidikan rendah atau jarang berada di
rumah. Contoh layanan yang disediakan Ruangguru, misalnya Ruangguru
“On-The-Go”, yaitu aplikasi untuk mempermudah murid menyaksikan video tanpa
kuota internet. Para guru juga bisa
memanfaatkan aplikasi “ruangkelas”, layanan Learning Management System yang
disediakan secara gratis untuk guru dan murid di Indonesia. ini membantu guru memberi tugas dan memonitor perkembangan belajar
murid. Guru dapat memberikan tugas dan ujian kepada murid secara online di mana
saja dan kapan saja. Guru dapat memonitor hasil tugas yang dikerjakan murid
secara langsung dan mudah. Guru dapat mengevaluasi kemampuan murid untuk tiap
mata pelajaran secara otomatis.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(DISRUPTED INNOVATION)
Sekolah : SMP/MTs
Kelas : VIII Online Hany
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi : Sistem
Pencernaan Pada Manusia
Alokasi Waktu : 75 Menit
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Chat online,
presentasi online, diskusi online, video
call, streaming, search engine.
Sumber Belajar : Multimedia interaktif dan internet dan Youtube, dan Buku
IPA kelas VII Kemdikbud (Kurikulum 2013 edisi revisi 2017).
Langkah Pembelajaran :
Langkah – langkah Pembelajaran
|
||
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
v Pendahuluan
Ø Guru mengajaksiswa Login
kesituspembelajaran.
Ø Guru mengarahkan siswa untuk membuka link ke youtube melihat animasi mekanisme pencernaan manusia.
Ø Guru mengarahkan siswa Menyaksikan video
bagian-bagian dari
organ system pencernaan manusia.
|
v Pendahuluan
Ø Siswa menuju kesitus dan Login kesitus pembelajaran.
Ø Siswa membuka link ke youtube melihat animasi mekanisme pencernaan manusia.
Ø Siswa Menyaksikan video bagian-bagiandari
organ system pencernaan manusia.
|
15 menit
|
v Kegiatan Inti
·
Eksplorasi:
Ø Guru Memperlihatkan video
animasi tentang pencernaan.
Ø Guru meminta siswa melakukan diskusi secara online untuk membahas berbagai pertanyaan dari video pembelajaran
yang telah ditayangkan.
Ø Guru menjelaskan berbagai hubungan organ pencernaan dengan kesehatan melalui materi ajar yang bias diakses oleh siswa.
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan
menyediakan lembaran
LKS yang bisa di download oleh siswa. LKS tersebut berisi petunjuk kerja untuk mengidentifikasi berbagai kandungan zat yang terdapat pada makanan.
Ø Guru membimbing siswa secara online melalui
chat ataupun video call.
·
Elaborasi
Ø Guru meminta siswa menyampaikan hasil percobaan mereka melalui forum chat.
Ø Guru meminta 2. Siswa memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada materi yang telah disediakan secara online.
Ø Guru membimbimbing siswa dan memverifikasi kebenaran hasil laporan melalui diskusi online.
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan penguatan dan umpanbalik atas laporan hasil kerja siswa melalui forum chat.
Ø Guru memberikan beberapa soal yang dapat didownload oleh siswa secara online dan jawaban dapat dikirim secara online.
Ø Guru mengklarifikasi jawaban siswa melalui chat ataupun
video call untuk penjelasan lebih lanjut.
|
v Kegiatan Inti
·
Eksplorasi:
Ø Siswa menonton video animasi system pencernaan.
Ø Siswa Melakukan diskusi secara online untuk membahas berbagai pertanyaan dari video pembelajaran
yang telah ditayangkan.
Ø Siswa menerima penjelasan dari guru mengenai berbagai hubungan organ pencernaan dengan kesehatan melalui materi ajar yang bias diakses oleh siswa.
Ø Siswa mengikuti arahan dari guru kemudian siswa mendownload LKS tersebut.
Ø Siswa menerima dan mengikuti arahan yang diberikan dari guru secara online
melalui chat ataupun video call.
·
Elaborasi
Ø Siswa menyampaikan hasil percobaan mereka melalui forum chat.
Ø Siswa memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada materi yang telah disediakan secara online.
Ø Siswa menerima dan mengikuti arahan yang diberikan guru
secara online
·
Konfirmasi
Ø Siswa menerima masukan dan arahan dari guru atas laporan hasil kerja siswa melalui forum chat.
Ø Siswa mendownload soal dan mengirim jawaban secara online.
Ø Siswa
mengerjakan latihan dan soal-soal secara chat online.
Ø siswa kembali
mengupload soal-soal yang telah dikerjakan pada kolom upload tugas.
Ø Siswa menerima masukan dan arahan dari guru melalui chat
ataupun video call untuk penjelasan lebih lanjut.
|
45 menit
|
v Kegiatan Penutup
Ø Guru
mengingatkan kembali materi pembelajaran yang akan datang.
Ø Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
Ø Guru
mengakhiri materi pembelajaran via room chat online dengan mengucapkan salam.
|
v Kegiatan Penutup
Ø Siswa menyimpulkan materi pembelajaran via room chat online.
|
15 menit
|
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang Baik
(50)
|
Tidak Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah
skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Jenis Evaluasi :
No
|
Pernyataan
Self Evaluation
|
1.
|
K = Know (what do i know? / apa
yang sudah saya pahami)
|
2.
|
W = Want (what do i want know?/apa
yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)
|
3.
|
H = How (how do i find out?
bagaimana saya bisa melakukannya?)
|
4.
|
L = Learn (what did i learned?/apa
yang sudah saya kuasai?)
|
5.
|
A = Action (what action will i
take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan?)
|
6.
|
Q = Question (what new question do
i have?/ permasalahan baru apa dari saya?)
|
Contoh RPP yang telah didisrupted dapat dipelajari dan diunggah melalui link dibawah ini:
Semoga
artikel ini bermanfaat bagi Guru dan calon guru yang ingin terus mengembangkan
kompetensinya dalam mengajar khususnya dalam menginovasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk peningkatan
kualitas dan pemahaman penulis. Terimakasih.
Terima kasih sebelumnya telah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis online namun yg saya ingin ketahui apa sih yang jadi kendala dalam pembelajaran berbasis online yang Anda terapkan?
BalasHapussebelumnya trimakasih telah berkunjung ke blog saya.
Hapuspertanyaan yang sangat bagus sekali ya..
menurut saya kendala yang sering terjadi dalam proses pembelajaran berbasis online ada beberapa kendala diantaranya adalah jaringan internet, aplikasi yang masih dalam tahap penyempurnaan, dan siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis online minim dalam pembelajarannya. trimakasih
Terimakasih respon dan jawabnya. Yang ingin saya ketahui lebih lanjut apa tindakan guru selanjutnya setelah melakukan pembelajaran berbasis online. Terimakasih
Hapusuntuk tindakan selanjutnya guru akan evaluasi pemahaman siswa dan mengadakan kelas onlinen lebih banyak lagi kemudian guru harus banyak belajar lagi seperti menggunakan pembelajaran online dan mencari referensi lebih banyak lagi trimakasih
HapusHy sangat membantu sekali kelas online ini, dalam pelajaran berbasis online ini ada berapa sih siswa yg mengikuti proses pembelajarannya, dan bagaimana sistim pembelajaran yang anda terapkan, coba anda jelaskan secara singkat, terima kasih
BalasHapussebelumnya trimakasih telah berkunjung ke blog saya.
BalasHapuspertanyaan yang sangat bagus.
sistem pembelajaran ini menggunakan teknologi seperti komputer, hp, dan yg berhubungan teknologi, kemudian dalam prosesnya guru dan siswa akan berkomunikasi melaalui media online seperti chat online, video call, yang bersangkutan dengan teknologi. kemudian guru memberikan materi yang bisa diakses melalui media internet seperti youtube, google dan siswa juga mengerjakan tugas melalui pembelajran online yang sudah disusun dalam perencanaan proses pembelajaran berbasis online. trimakasi.
Baik terimakasih atas penjelasannya mengenai pembalajaran berbasis online yang anda terapkan.namun bagaimana sistem penilaian yang anda gunakan dalam pembelajaran online coba anda jelaskan secara singkat. Terimakasih
BalasHapusoke baik.
BalasHapusadapun sistem penilaian dalam pembelajaran online ini pada penilaiaanya yaitu sebagai berikut :
Pernyataan Self Evaluation
1. K = Know (what do i know? / apa yang sudah saya pahami)?
Guru: melakukan pembelajaran berbasis online ternyata sangat menyenangkan
Siswa : Saya dapat mengetahui bagian sistem pencernaan, seperti fungsi-fungsi organ pencernaan, bagian-bagian organ pencernaan pada manusia.
2. W = Want (what do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut)?
Guru : guru melangsungkan pembelajaran berbasis online lainnya
Siswa : Saya ingin mempelajari materi selanjutnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan pada manusia
3. H = How (how do i find out? bagaimana saya bisa melakukannya)?
Guru : dengan berlatih pembelajaran berbasis online lebih banyak lagi
Siswa : membaca buku dan referensi yang ada baik diinternet dan lainnya lebih banyak lagi
4. L = Learn (what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai)?
Guru : macam-macam organ pada sistem pencernaan pada manusia
Siswa: Saya sudah dapat memahami apa-apa saja yang terdapat dalam sistem pencernaan dan fungsi pencernaan beserta oragnnya.
5. A = Action (what action will i take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan)?
Guru : menggunakan pembelajaran berbasis online lebih sering
Siswa : Saya ingin selalu mengikuti pembelajaran online yang diadakan oleh guru
6. Q = Question (what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari saya)?
Guru: ingin mencontohkan masalah kesehatan pada materi system pencernaan pada manusia
Siswa : Saya ingin mengetahui penyakit apa saja yang mengganggu sistem pencernaan pada manusi
trimakasih