Kamis, 17 Oktober 2019

Aktivitas Guru Dan Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Disruptive Innovation Learning

Pembelajaran Berbasis Disruptive Innovation Learning


Aktivitas Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Berbasis Disruptive Innovation Learning
Program Studi Magister Pendidikan IPA 2019
Hany Rahayu (NIM:P2A519023)


No
Guru
Kelas
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
1
Hany Rahayu

Kelas online hany.
Guru Mengajak Siswa melaksanakan pembelajaran yang telah disiapkan guru dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang menuntut siswa melakukan kegiatan menghimpun informasi, membandingkan, mengkatagorikan, menganalisis, mengintegrasikan, mengorganisasikan bahan serta membuat kesimpulan.
1.     Siswa mengamati tayangan video materi system pencernaan yang telah diupload guru.
2.     Siswa mengamati tayangan video yang hyperlink dengan laman youtube.

3.     Siswa mendownload LKPD dan beraktivitas sesuai panduan.
4.     Siswa mengeksplorasi berbagai sumber belajar untuk melengkapi LKPD.

5.     Siswa kembali mengupload LKPD yang telah dikerjakan pada kolom upload tugas.
6.     Siswa dan guru bersama-sama menarik kesimpulan.



       Pernyataan Self Evaluation
1.      K = Know (what do i know? / apa yang sudah saya pahami)?

Guru: melakukan pembelajaran berbasis online ternyata sangat menyenangkan
Siswa : Saya dapat mengetahui bagian sistem pencernaan, seperti fungsi-fungsi organ pencernaan, bagian-bagian organ pencernaan  pada manusia.

2.      W = Want (what do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut)?
Guru : guru melangsungkan pembelajaran berbasis online lainnya
Siswa : Saya ingin mempelajari materi selanjutnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan pada manusia

3.      H = How (how do i find out? bagaimana saya bisa melakukannya)?
Guru : dengan berlatih pembelajaran berbasis online lebih banyak lagi
Siswa : membaca buku dan referensi yang ada baik diinternet dan lainnya lebih banyak lagi

4.    L = Learn (what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai)?
Guru : macam-macam organ pada sistem pencernaan pada manusia
Siswa: Saya sudah dapat memahami apa-apa saja yang terdapat dalam sistem pencernaan dan fungsi pencernaan beserta oragnnya.

5.      A = Action (what action will i take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan)?
Guru : menggunakan pembelajaran berbasis online lebih sering
Siswa : Saya  ingin selalu mengikuti pembelajaran online yang diadakan oleh guru

6.      Q = Question (what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari saya)?
Guru: ingin mencontohkan masalah kesehatan pada materi system pencernaan pada manusia

Siswa : Saya ingin mengetahui penyakit apa saja yang mengganggu sistem pencernaan pada manusia


9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum selamat malam, dengan majunya teknologi dijaman sekarang terutama didalam dunia pendidikan, bagaimana cara anda mengajak anak anak milenial dijaman sekarang agar mau mengikuti proses pembelajaran online berbasis disruptive innovation learning?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih telah berkunjung ke blog saya.
      baik terimakasih pertanyaannya sangat membangun sekali.
      pertama-tama saya akan menjelaskan ke siswa bagaimana sistem pembelajaran yang berbasis online. kemudian saya akan mebuat siswa tertarik dalam pembelajaran berbasis online dengan tujuan agar siswa berminat dan mau mengikuti proses pembelajaran yang berbasis online dalam disruptive innovation learning ini. dengan membuat pembelajaran yang menyenangkan didalam prosesnya. trimakasih

      Hapus
    2. Sebelum nya terimakasih mau membalas jawaban dri pertanyaan saya. Namun yang saya ingin ketahui lebih lanjut dalam kegiatan guru dan siswa pada pembelajaran online discruptive ini apa sih tindakan selanjutnya bagi guru dan siswa sesudah menjalankan pembelajaran tersebut terimakasih

      Hapus
    3. menurut saya tindakan guru dan siswa sebagai berikut:
      Guru : guru melangsungkan pembelajaran berbasis online lainnya
      Siswa : Saya ingin mempelajari materi selanjutnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan pada manusia.
      tindakan selanjutnya yaitu
      Guru : menggunakan pembelajaran berbasis online lebih sering
      Siswa : Saya ingin selalu mengikuti pembelajaran online yang diadakan oleh guru.
      trimakasih

      Hapus
  3. Hy sangat membantu sekali pembelajaran yang anda terapkan namun bagaimana anda menyikapi siswa yg terlambat dalam pembelajaran untuk masuk ke kelas online?

    BalasHapus
  4. sebelumnya trima kasih telah berkunjung ke blog saya.
    jiak ada siswa yang terlambat memasuki atau mengikuti proses pembelajaran dalam pembelajaran berbasis online, maka saya sebagai guru akan mengizinkan siswa untuk masuk ke kelas dengan penerapan dan arahan sesuai prosedural yang ada aplikasi yang pembelajaran yang berbasis online dalam disruptive innovation learning.
    nah dengan begitu maka siswa yang terlambat akan bisa mengikuti pembelajaran. trimakasih

    BalasHapus
  5. Oke terimakasih sangat membantu dan menambah pengetahuan saya penjelasan yang anda berikan. Namun yang saya ingin ketahui setelah melewati proses pembelajaran ini.bagaimana guru dapat mengetahui pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan dalam aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran discruptive innovation learning.

    BalasHapus
  6. dalam pembelajaran discruptive innovation learning ini. guru dapat mengevaluasi siswa dari pernyataan dibawah ini:
    Pernyataan Self Evaluation
    1. K = Know (what do i know? / apa yang sudah saya pahami)?
    Siswa : Saya dapat mengetahui bagian sistem pencernaan, seperti fungsi-fungsi organ pencernaan, bagian-bagian organ pencernaan pada manusia.

    2. W = Want (what do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut)?
    Siswa : Saya ingin mempelajari materi selanjutnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan pada manusia

    3. H = How (how do i find out? bagaimana saya bisa melakukannya)?
    Siswa : membaca buku dan referensi yang ada baik diinternet dan lainnya lebih banyak lagi

    4. L = Learn (what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai)?
    Siswa: Saya sudah dapat memahami apa-apa saja yang terdapat dalam sistem pencernaan dan fungsi pencernaan beserta oragnnya.

    5. A = Action (what action will i take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan)?
    Siswa : Saya ingin selalu mengikuti pembelajaran online yang diadakan oleh guru

    6. Q = Question (what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari saya)?
    Siswa : Saya ingin mengetahui penyakit apa saja yang mengganggu sistem pencernaan pada manusia

    trimakasih.

    BalasHapus