Pembelajaran konvensional
Pembelajaran
konvensional adalah metode pembelajaran tradisional atau disebut juga dengan metode ceramah, karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat
komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar dan
pembelajaran. Dalam pembelajaran sejarah metode konvensional ditandai dengan ceramah
yang diiringi dengan penjelasan serta pembagian tugas dan latihan.
Pembelajaran pada konvesional,
peserta didik lebih banyak mendengarkan penjelasan guru di depan kelas dan
melaksanakan tugas jika guru memberikan latihan soal-soal kepada peserta didik.
Yang sering digunakan pada pembelajaran konvensional antara lain metode
ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan. Metode
lainnya yang sering digunakan dalam metode konvensional antara lain adalah
ekspositori. Metode ekspositori ini seperti ceramah, di mana kegiatan
pembelajaran terpusat pada guru sebagai pemberi informasi (bahan pelajaran). Ia
berbicara pada awal pelajaran, menerangkan materi dan contoh soal disertai
tanya jawab. Peserta didik tidak hanya mendengar dan membuat catatan. Guru
bersama peserta didik berlatih menyelesaikan soal latihan dan peserta didik
bertanya kalau belum mengerti. Guru dapat memeriksa pekerjaan peserta didik
secara individual, menjelaskan lagi kepada peserta didik secara individual atau
klasikal.
Contoh RPP yang Konvensional dapat dipelajari dan diunggah melalui link dibawah ini:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KONVENSIONAL)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas : VIII
Semester :
2 (Dua)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Materi : Sistem Pencernaan Pada Manusia
Alokasi Waktu : 75 Menit (1 x Pertemuan)
STANDAR
KOPETENSI
|
|
KOPETENSI INTI
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran Agama
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
santun, peduli (gotong royong,kerja sama, toleran, damai),bertanggung jawab,
reponsif, dan pro-aktif dan berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak, lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat,dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis danmengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humanoria dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan peradaban terkait peyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan pada bidang kajian spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metodesesuai dengan
kaidah keilmuan.
|
KOPETENSI DASAR
|
Mendeskripsikan proses-proses yang terjadi pada sistem pencernaan
|
INDIKATOR
|
1.
Mendeskripsikan
fungsi dan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya
2.
Membedakan antara
saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan
pada manusia
3.
Membandingkan
pencernaan mekanik dan kimiawi Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada
sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya
|
TUJUAN
|
1.
Siswa dapat
mendeskripsikan fungsi
dan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya
2.
Siswa mampu melaksanakan uji
kandungan zat yang ada didalam makanan
3.
Siswadapat membedakan antara
saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan
pada manusia
4.
Siswa dapat
membandingkan
pencernaan mekanik dan kimiawi
Siswa dapat
menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Model Pembelajaran : Kooperatif Learning
Metode Pembelajaran : Ceramah , diskusi,
Tanya jawab
Media Pembelajaran : Charta, Spidol,
Papan Tulis Laptop dan LCD
Sumber Belajar : Buku IPA kelas VII Kemdikbud (Kurikulum 2013 edisi revisi
2017) dan LKS
Langkah Pembelajaran :
Langkah – langkah Pembelajaran
|
||
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
v Pendahuluan
Ø Guru memberi salam sebelum memulai pelajaran.
Ø Guru mengajak seluruh siswa berdoa
sebelum membuka pelajaran.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa didalam kelas.
Ø Guru meminta siswa mengecek kebersihan
kelas minimal disekitar mejanya.
Ø Sebelum
belajar guru menstimulus siswa dengan permainan untuk membengkitkan semangat
siswa
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Ø Guru melmenghubungkan materi proses pencernaan “pernahkah
kalian memikirkan makanan apa yang sudah dimakan akan kemana dan melewati apa
saja ?”
Ø Guru mengajukan pertanyaan
1. Apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan.
Ø
Sebutkan organ-organ
pencernaan
pada manusia.
|
v Pendahuluan
Ø Siswa menjawab salam dari guru.
Ø Siswa berdoa bersama didalam kelas.
Ø Siswa mengikuti absensi dari guru didalam kelas.
Ø Siswa melihat kondisi kebersihan didalam kelas.
Ø
Siswa mengikuti permainan dari guru
Ø
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran.
Ø Siswa mengikuti apersepsi dari guru.
Ø Siswa menjawab pertanyaan dari guru
|
15 menit
|
v Kegiatan Inti
·
Eksplorasi:
Ø Guru
menyampaikan materi pokok tentang sistem pencernaan pada sub organ pencernaan
dengan memperlihatkan gambar organ-organ pencernaan.
Ø Setelah
selesai menyampaikan materi, guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok
yang terdiri dari 2 kelompok
·
Elaborasi
Ø Guru meminta siswa untuk mendiskusikan tentang materi sistem
pencernaan pada sub pokok organ-organ pencernaan
Ø Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dalam
berdiskusi kelompok.
1.
Sebutkan organ-organ penyusun
sistem pencenaan ?
2.
Ada berapakah sistem
organ-organ pencernaan pada manusia?
3.
Organ apakah yang pertama kali mencerna makanan pada sistem pencernaan?
4.
Organ apakah setelah lambung yang memproses sistem pencernaan?
5.
Organ pencernaan apakah sebelum lambung?
6.
Organ pencernaan apakah sebagai tempat pembuangan makanan yang menjadi
zat sisa dalam tubuh?
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan
dari guru dalam berdiskusi.
Ø Setelah
siswa selesai berdiskusi guru memerintahkan siswa untuk mencari jawaban sementara yang telah dibuat
dengan mencari berbagai sumber informasi
·
Konfirmasi
Ø Guru mengajak siswa untuk membuat suatu keputusan atau
rangkuman tentang konsep- konsep yang benar sehingga tidak terjadi salah
konsep.
Ø Guru
bersama sama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang sudah
dipelajari yaitu tentang sistem pencernaan dan organ-organ pencernaan
Ø Guru
memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang berkinerja baik.
|
v Kegiatan Inti
·
Eksplorasi:
Ø
Siswa mendengarkan penjelasan materi pokok tentang sistem pencernaan dan
melihat gambar
organ-organ pencernaan.
Ø Siswa membentuk kelompok untuk diskusi sebanyak 2 kelompok.
·
Elaborasi
Ø
Siswa secara
berkelompok mendiskusikan materi tentang sistem pencernaan pada sub pokok
organ-organ pencernaan.
Ø
Siswa menjawab
pertanyaan dari guru pada saat berdiskusi kelompok.
Ø Apabila salah satu anggota kelompok tidak bisa menjawab
pertanyaan dari guru anggota kelompok yang lain boleh menjawab pertanyaan
tersebut.
Ø
Siswa mencari jawaban sementara yang telah dibuat dengan mencari berbagai
sumber informasi dalam berdiskusi.
Ø
Masing – masing kelompok siswa membuat penjelasan dari berbagai sumber dan
informasi dalam berdiskusi.
Ø
Siswa yang mengalami kesulitan dalam berdiskusi dibantu oleh guru dalam
mencari jawaban dalam berdiskusi.
·
Konfirmasi
Ø Siswa membuat suatu rangkuman dalam berdiskusi mengenai isi
dari materi tentang pengertian sistem pencernaan dan organ-organ pencernaan.
Ø
Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan isi materi tentang sistem
pencernaan mengenai pengertian sistem pencernaan dan organ-organ pencernaan.
Ø
Siswa menghargai penghargai daan pujian dari guru dalam berdiskusi
kelompok.
|
45 menit
|
v Kegiatan Penutup
Ø
Guru memberikan post tes kepada siswa.
Ø
Guru menyampaikan informasi
materi pada pertemuan berikutnya.
Ø Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam
|
v Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mengikuti post tes yang diberikan oleh guru.
Ø
Siswa mendengarkan dan mencatat
informasi tentang pertemuan yang akan datang.
Ø Siswa mengucapkan salam dari guru
|
15 menit
|
A.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
a. Penilaian Sikap : Teknik
non tes (Bentuk pengamatan sikap).
b. Penilaian Pengetahuan : Teknik
tes (tulisan uraian).
1)
Penilaian Sikap
Indikator
sikap berkerja sama dalam kerja kelompok
1.
tidak
baik jika menunjukan tidak berusaha untuk bekerja sama dalam pembelajaran.
2.
Kurang
baik jika menunjukan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum konsisten.
3.
Baik
jika menunjukan usaha yang baik dalam kegiatan kelompok tetapi belum konsisten.
4.
Sangat
baik jia menunjukan adanya usaha berkerjasama dalam kegiatan kelompok secara
baik terus menerus dan konsisten.
Tabel pengamatan sikap siswa
No
|
Nama siswa
|
Sikap
|
|||||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Berani
|
|||||||||||
TB
|
KB
|
B
|
SB
|
TB
|
KB
|
B
|
SB
|
TB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
TB : tidak
baik
KB : kurang
baik
B :
baik
SB : sangat
baik
2)
Penilaian
Pengetahuan
a) Soal
essay
1. Apa yang diamksud usus halus dan sebutkan bagiannya?
2. Bagaimana fungsi lambung pada sistem pencernaan?
3. Apa yang dimaksud dengan anus?
4. Sebutkan bagian-bagian dari saluran makanan pada sistem pencernaan manusia?
5. Sebutkan pengertian lambung dan tentukan gambarnya?
b) Kunci Jawaban.
1. Usus
halus (intestinum) adalah merupakan
tempat penyerapan sari-sari makanan dan tempat terjadinya proses pencernaan
yang aling panjang. Usus halus terdiri dari 3 bagian yaitu: Usus
dua belas jari (duodenum), Usus
kosong (jejenum), Usus
penyerapan (ileum).
2. fungsi
lambung Pada bayi adalah: lambungnya menghasilkan dua enzim,
yaitu renin, yang memiliki fungsi untuk menggumpalkan protein susu dan kasein
atas bantuan kalsium dan lipase guna dalam memecah lemak dalam susu.
3.
Anus adalah
Merupakan
lubang tempat pembuangan feses dari tubuh. Sebelum dibuang lewat anus, feses
ditampung terlebih dahulu pada bagian rectum. Apabila feses sudah siap dibuang
maka otot spinkerv rectum mengatur pembukaan dan penutupan anus.
4.
Saluran
pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ yaitu: dari mulut
(cavum oris), kerongkongan (esophagus), lambung (ventrikulus), usus halus
(intestinum), usus besar (colon), dan anus.
5.
Lambung (ventrikulus) merupakan kantung
besar yang terletak disebelah kiri rngga perut sebagai tempat terjadinya
sejumlah prose pencernaan. Lambung terdiri tiga bagian, yaitu bagian atas
(kardiak), bagian tengah (fundus), dan bagian bawah (filorus).
c)
Rubik Penilaian Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika semua jawaban terjawab dengan
benar dan baik
|
15
|
2
|
Jika dapat menjawab fungsi lambung pada sitem pencernaan dengan baik dan benar
|
30
|
3
|
Jika jawaban benar dan baik
|
15
|
4
|
Jika jawaban benar dan baik
|
20
|
5
|
Jika gambar benar dan baik
|
20
|
|
Total
|
100
|
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Guru dan calon guru yang
ingin terus mengembangkan kompetensinya dalam mengajar khususnya dalam
menginovasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kritik dan saran yang membangun
sangat diharapkan untuk peningkatan kualitas dan pemahaman penulis.
Terimakasih.
Menurut saya rencana pelaksanaan pembelajaran konvensional yang anda terapkan sudah cukup baik , tetapi yg ingin saya ketahui metode apa saja yang anda pakai dalam proses pembelajaran yg anda terapkan ini?
BalasHapussebelumnya trimakasih telah berkunjung ke blog saya.
BalasHapuspertanyaan yang sangat bagus.
baik metode yang saya terapkan dalam sistem pembelajaran konvensional ini ada beberapa macam diantaranya yaitu saya memakai metode ceramah, tanya jawab dan berdiskusi dalam kelompok. trimakasih.
Berarti ada 3 metode dalam pembelajaran ini yang anda pakai.namun saya ingin anda memberikan salah satu contoh dari metode yang anda pakai dalam pembelajaran konvensional terimakasih
BalasHapusSelamat pagi mbak.
BalasHapusSangat membantu sekali ini rpp nya.
Sebenarnya apa sih kelebihan pembelajaran konvensional ini terimakasih
Selanjutnya menurut anda apa perbedaan pembelajaran konvensional dan modern tolong jelaskan secara singkat saja.
BalasHapus