Kamis, 17 Oktober 2019

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Konvensional


                      



  Pembelajaran konvensional
Pembelajaran konvensional adalah metode pembelajaran tradisional atau disebut juga dengan   metode ceramah, karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar dan pembelajaran. Dalam pembelajaran sejarah metode konvensional ditandai dengan ceramah yang diiringi dengan penjelasan serta pembagian tugas dan latihan.
Pembelajaran pada konvesional, peserta didik lebih banyak mendengarkan penjelasan guru di depan kelas dan melaksanakan tugas jika guru memberikan latihan soal-soal kepada peserta didik. Yang sering digunakan pada pembelajaran konvensional antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan. Metode lainnya yang sering digunakan dalam metode konvensional antara lain adalah ekspositori. Metode ekspositori ini seperti ceramah, di mana kegiatan pembelajaran terpusat pada guru sebagai pemberi informasi (bahan pelajaran). Ia berbicara pada awal pelajaran, menerangkan materi dan contoh soal disertai tanya jawab. Peserta didik tidak hanya mendengar dan membuat catatan. Guru bersama peserta didik berlatih menyelesaikan soal latihan dan peserta didik bertanya kalau belum mengerti. Guru dapat memeriksa pekerjaan peserta didik secara individual, menjelaskan lagi kepada peserta didik secara individual atau klasikal.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KONVENSIONAL)
Satuan Pendidikan             : SMP/MTs
Kelas                                    : VIII
Semester                              : 2 (Dua)
Mata Pelajaran                   : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi                                  : Sistem Pencernaan Pada Manusia
Alokasi Waktu                    : 75 Menit (1 x Pertemuan)

STANDAR KOPETENSI
KOPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran Agama
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,kerja sama, toleran, damai),bertanggung jawab, reponsif, dan pro-aktif dan berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak, lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat,dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis danmengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanoria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban terkait peyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metodesesuai dengan kaidah keilmuan.
KOPETENSI DASAR
Mendeskripsikan proses-proses yang terjadi pada sistem pencernaan
INDIKATOR
1.       Mendeskripsikan fungsi dan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya
2.       Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
3.       Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
TUJUAN
1.       Siswa dapat mendeskripsikan fungsi dan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya
2.       Siswa mampu melaksanakan uji kandungan zat yang ada didalam makanan
3.       Siswadapat membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
4.       Siswa dapat membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi
Siswa dapat menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Model Pembelajaran        : Kooperatif Learning
Metode Pembelajaran      : Ceramah , diskusi, Tanya jawab
Media Pembelajaran        : Charta, Spidol, Papan Tulis Laptop dan LCD
Sumber Belajar                 : Buku IPA kelas VII Kemdikbud (Kurikulum 2013 edisi revisi 2017) dan LKS

Langkah Pembelajaran   :
Langkah – langkah Pembelajaran
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
v  Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam sebelum memulai pelajaran.
Ø  Guru mengajak seluruh siswa berdoa sebelum membuka pelajaran.
Ø  Guru mengecek kehadiran siswa didalam kelas.
Ø  Guru meminta siswa mengecek kebersihan kelas minimal disekitar mejanya.
Ø  Sebelum belajar guru menstimulus siswa dengan permainan untuk membengkitkan semangat siswa
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Ø  Guru melmenghubungkan materi proses pencernaan “pernahkah kalian memikirkan makanan apa yang sudah dimakan akan kemana dan melewati apa saja ?”
Ø  Guru mengajukan pertanyaan
1.      Apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan.
Ø Sebutkan organ-organ pencernaan pada manusia.

v Pendahuluan
Ø  Siswa menjawab salam dari guru.
Ø  Siswa berdoa bersama didalam kelas.

Ø  Siswa mengikuti absensi dari guru didalam kelas.
Ø  Siswa melihat kondisi kebersihan didalam kelas.

Ø Siswa mengikuti permainan dari guru

Ø Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran.
Ø  Siswa mengikuti apersepsi dari guru.


Ø Siswa menjawab pertanyaan dari guru
15 menit
v  Kegiatan Inti

·     Eksplorasi:
Ø Guru menyampaikan materi pokok tentang sistem pencernaan pada sub organ pencernaan dengan memperlihatkan gambar organ-organ pencernaan.
Ø Setelah selesai menyampaikan materi, guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok yang terdiri dari 2 kelompok

·     Elaborasi
Ø Guru meminta siswa untuk mendiskusikan tentang materi sistem pencernaan pada sub pokok organ-organ pencernaan
Ø Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dalam berdiskusi kelompok.
1.      Sebutkan organ-organ penyusun sistem pencenaan ?
2.      Ada berapakah sistem organ-organ pencernaan pada manusia?
3.      Organ apakah yang pertama kali mencerna makanan pada sistem pencernaan?
4.      Organ apakah setelah lambung yang memproses sistem pencernaan?
5.      Organ pencernaan apakah sebelum lambung?
6.      Organ pencernaan apakah sebagai tempat pembuangan makanan yang menjadi zat sisa dalam tubuh?
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan dari guru dalam berdiskusi.
Ø Setelah siswa selesai berdiskusi guru memerintahkan siswa untuk mencari jawaban sementara yang telah dibuat dengan mencari berbagai sumber informasi

·     Konfirmasi
Ø Guru mengajak siswa untuk membuat suatu keputusan atau rangkuman tentang konsep- konsep yang benar sehingga tidak terjadi salah konsep.
Ø  Guru bersama sama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari yaitu tentang sistem pencernaan dan organ-organ pencernaan
Ø  Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang berkinerja baik.

v Kegiatan Inti

·      Eksplorasi:
Ø Siswa mendengarkan penjelasan materi pokok tentang sistem pencernaan dan melihat gambar organ-organ pencernaan.
Ø Siswa membentuk kelompok untuk diskusi sebanyak 2 kelompok.



·      Elaborasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan materi tentang sistem pencernaan pada sub pokok organ-organ pencernaan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan dari guru pada saat berdiskusi kelompok.
Ø Apabila salah satu anggota kelompok tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru anggota kelompok yang lain boleh menjawab pertanyaan tersebut.
Ø Siswa mencari jawaban sementara yang telah dibuat dengan mencari berbagai sumber informasi dalam berdiskusi.
Ø Masing – masing kelompok siswa membuat penjelasan dari berbagai sumber dan informasi dalam berdiskusi.
Ø Siswa yang mengalami kesulitan dalam berdiskusi dibantu oleh guru dalam mencari jawaban dalam berdiskusi.












·      Konfirmasi
Ø Siswa membuat suatu rangkuman dalam berdiskusi mengenai isi dari materi tentang pengertian sistem pencernaan dan organ-organ pencernaan.
Ø Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan isi materi tentang sistem pencernaan mengenai pengertian sistem pencernaan dan organ-organ pencernaan.
Ø Siswa menghargai penghargai daan pujian dari guru dalam berdiskusi kelompok.

45 menit
v  Kegiatan Penutup
Ø  Guru memberikan post tes kepada siswa.
Ø  Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya.
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
v Kegiatan Penutup
Ø Siswa mengikuti  post tes yang diberikan oleh guru.
Ø Siswa mendengarkan dan mencatat  informasi tentang pertemuan yang akan datang.
Ø  Siswa mengucapkan salam dari guru
15 menit

A.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.       Penilaian  Sikap                 :   Teknik non tes (Bentuk pengamatan sikap).
b.      Penilaian Pengetahuan       :   Teknik tes (tulisan uraian).

1)      Penilaian  Sikap     
Indikator sikap berkerja sama dalam kerja kelompok
1.      tidak baik jika menunjukan tidak berusaha untuk bekerja sama dalam pembelajaran.
2.      Kurang baik jika menunjukan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten.
3.      Baik jika menunjukan usaha yang baik dalam kegiatan kelompok tetapi belum konsisten.
4.      Sangat baik jia menunjukan adanya usaha berkerjasama dalam kegiatan kelompok secara baik terus menerus dan konsisten.

                                                      Tabel pengamatan sikap siswa
No
Nama siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Berani
TB
KB
B
SB
TB
KB
B
SB
TB
KB
B
SB
1













2













3













4













5














Keterangan
TB         : tidak baik
KB        : kurang baik
B              : baik
SB         : sangat baik

2)      Penilaian Pengetahuan
 a)      Soal essay
   1. Apa yang diamksud usus halus dan sebutkan bagiannya?
   2. Bagaimana  fungsi lambung pada sistem pencernaan?
    3. Apa yang dimaksud dengan anus?
    4. Sebutkan bagian-bagian dari saluran makanan pada sistem pencernaan manusia?
    5. Sebutkan pengertian lambung dan tentukan gambarnya?

b)     Kunci Jawaban.
1.    Usus halus (intestinum) adalah merupakan tempat penyerapan sari-sari makanan dan tempat terjadinya proses pencernaan yang aling panjang. Usus halus terdiri dari 3 bagian yaitu: Usus dua belas jari (duodenum), Usus kosong (jejenum), Usus penyerapan (ileum).
2.    fungsi lambung Pada bayi adalah: lambungnya menghasilkan dua enzim, yaitu renin, yang memiliki fungsi untuk menggumpalkan protein susu dan kasein atas bantuan kalsium dan lipase guna dalam memecah lemak dalam susu.
3.    Anus adalah Merupakan lubang tempat pembuangan feses dari tubuh. Sebelum dibuang lewat anus, feses ditampung terlebih dahulu pada bagian rectum. Apabila feses sudah siap dibuang maka otot spinkerv rectum mengatur pembukaan dan penutupan anus.
4.    Saluran pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ yaitu: dari mulut (cavum oris), kerongkongan (esophagus), lambung (ventrikulus), usus halus (intestinum), usus besar (colon), dan anus.
5.    Lambung (ventrikulus) merupakan kantung besar yang terletak disebelah kiri rngga perut sebagai tempat terjadinya sejumlah prose pencernaan. Lambung terdiri tiga bagian, yaitu bagian atas (kardiak), bagian tengah (fundus), dan bagian bawah (filorus).

c)      Rubik Penilaian Uraian
No
Uraian
Skor
1
Jika semua jawaban terjawab dengan benar dan baik
15
2
Jika dapat menjawab fungsi lambung pada sitem pencernaan dengan baik dan benar
30
3
Jika jawaban benar dan baik
15
4
Jika jawaban benar dan baik
20
5
Jika gambar benar dan baik
20

Total
100

Contoh RPP yang  Konvensional dapat dipelajari dan diunggah melalui link dibawah ini:


  
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Guru dan calon guru yang ingin terus mengembangkan kompetensinya dalam mengajar khususnya dalam menginovasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk peningkatan kualitas dan pemahaman penulis. Terimakasih.



                             
                              



5 komentar:

  1. Menurut saya rencana pelaksanaan pembelajaran konvensional yang anda terapkan sudah cukup baik , tetapi yg ingin saya ketahui metode apa saja yang anda pakai dalam proses pembelajaran yg anda terapkan ini?

    BalasHapus
  2. sebelumnya trimakasih telah berkunjung ke blog saya.
    pertanyaan yang sangat bagus.
    baik metode yang saya terapkan dalam sistem pembelajaran konvensional ini ada beberapa macam diantaranya yaitu saya memakai metode ceramah, tanya jawab dan berdiskusi dalam kelompok. trimakasih.

    BalasHapus
  3. Berarti ada 3 metode dalam pembelajaran ini yang anda pakai.namun saya ingin anda memberikan salah satu contoh dari metode yang anda pakai dalam pembelajaran konvensional terimakasih

    BalasHapus
  4. Selamat pagi mbak.
    Sangat membantu sekali ini rpp nya.
    Sebenarnya apa sih kelebihan pembelajaran konvensional ini terimakasih

    BalasHapus
  5. Selanjutnya menurut anda apa perbedaan pembelajaran konvensional dan modern tolong jelaskan secara singkat saja.

    BalasHapus